Inilah, Caranya Supaya Smartphone Android Anda Terhindar Dari Serangan Virus

Inilah Caranya Supaya Smartphone Android Anda Terhindar Dari Serangan Virus - Bicara tentang virus, pastinya yang ada dipikiran anda pasti perusak, penjangkit, penyebar penyakit, dll. Nah, kali ini saya akan mengulasnya disini kepada anda semua bagaimana sih caranya supaya smartphone yang kita gunakan bisa terhindar dari serangan virus.

Virus di smartphone ini tergolong sangatlah langka sekali, karena smartphone sudah menggunakan Os android yang mana OS ini merupakan anak dari Linux, tentunya beda Linux dengan Microsoft ya. Biasanya yang selalu terjangkit oleh virus pastinya OS yang sudah terkenal misalkan seperti Windows, kenapa sih windows selalu terjaring yang namanya virus, alasannya sangat klasik sekali, siapa yang menguasai pasar dialah yang akan menguasai segalanya, maka dari itu banyak dari mereka hacking, cracking, membuat virus yang mana supaya para penggunanya merasa terancam dan jika nantinya mereka sudah terancam dengan virus yang mereka buat akan mengakibatkan keuntungan kepada pihak yang telah membuat virus tersebut atau penyakit tersebut.

Pastinya anda sudah tidak heran dengan ini semua. Selain dapat merusak komputer, virus, dan malicious software (malware) ia juga kerap menyerang smartphone. Banyak sekali resikonya mungkin ketika smartphone anda terkena virus maupun malware, seperti membuat smartphone anda rusak, data-data tak bisa dibuka atau bahkan juga hilang. Biasanya, virus maupun malware masuk kedalam smartphone dengan memanfaatkan beberapa celah di OS smartphone. Sebenarnya begitu menandai pengembang OS harus memberikan update untuk meningkatkan keamanan OS tersebut.  Tetapi, sayangnya hal tersebut belum cukup. Sebagai pengguna android kamu juga harus perlu berhati-hati dan melakukan hal-hal di bawah ini untuk terhindar dari serangan virus dan malware. Terutama bagi anda yang mempunyai smartphone Lenovo, pastinya selalu terkena virus iklan dll.

Nah, saya akan mengulasnya bagaimana sih ya caranya supaya anda bisa selamat dari maraknya virus di android yang terjadi sekarang ini. Anda harus perhatikan hal yang kerap terjadi dibawah ini : 

1. Jangan Instal Aplikasi Selain di Toko Aplikasi Resmi

Salah satu hal yang perlu anda lakukan agar smartphone tidak mudah terserang virus adalah jangan pernah mengunduh dan memasang aplikasi pihak ketiga atau mengambil file APK dari website. Hal ini bisa berakibat fatal dan anda bisa cepat untuk dimasukkan oleh virus tersebut. 

2. Cek Nama Pengembang Aplikasi

Jika anda ketahui, banyak aplikasi palsu yang berada di Google Play. Misalnya beberapa waktu lalu aplikasi Pokemon Go yang terkenal itu dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara virus menginfeksi smartphone kamu. Untuk itu kamu perlu memperhatikan dan mengecek developer nya sebelum mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.

3. Baca Review Aplikasi

Sebelum mengunduh dan memasang aplikasi kedalam smartphone, kamu perlu membaca review aplikasi tersebut dari pengguna lain. Dalam fitur review ini kamu dapat membaca pengalaman orang-orang yang sudah mencoba atau menginstal aplikasi yang ingin kamu instal itu. Jika rating dan review nya jelek, kamu bisa mengurungkan niat untuk tidak mengunduhnya.


4. Perbarui OS Terbaru

Pembaruan sistem operasi memiliki beberapa fitur yang membuat smartphone kamu lebih aman dari serangan virus. Nah, untuk itu kamu perlu memperbaharui OS ke versi terbaru.

5. Pasang Aplikasi Keamanan Atau Anti Virus

Anda juga wajib memasang aplikasi keamanan atau anti virus kedalam smartphone kamu. Selain memiliki fitur keamanan atau mencegah terjadinya serangan virus, aplikasi semacam ini juga mempunyai fitur backup data, membersihkan cache, dan mengunci aplikasi. Dengan demikian, smartphone anda akan lebih terlindungi terhadap berbagai macam virus maupun malware.

Nah, Itu dia caranya supaya anda dapat terhindar dari serangan virus pada smartphone anda, Cukup disini yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon dimaafkan bila ada secuil kata yang salah. Jika anda mengetahui lebih dalam caranya supaya terhindar dari serangan virus, anda cukup berkomentar pada kolom dibawah ini guna dapat membantu yang lainnya. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa dibagikan kepada teman anda jika artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. sampai jumpa kembali. Terima kasih atas kunjungannnya.
Advertisement

You might also like

0 Comments